FIRE

 


Fire Alarm System adalah Sebuah sistem alarm kebakaran otomatis dirancang untuk mendeteksi keberadaan yang tidak diinginkan dari api dengan memonitor perubahan lingkungan yang terkait dengan pembakaran. Secara umum, sistem alarm kebakaran diklasifikasikan sebagai baik secara otomatis ataupun secara manual, atau keduanya. Sistem alarm kebakaran otomatis dimaksudkan untuk memberitahukan kepada penghuni bangunan untuk mengevakuasi jika terjadi kebakaran atau darurat lainnya, melaporkan peristiwa tersebut ke lokasi off-tempat dalam rangka untuk memanggil layanan darurat, dan menyiapkan struktur dan sistem yang terkait untuk mengontrol penyebaran api dan asap.

FIre Alarm Sytem terbagi menjadi 2 system yaitu:

  • FIre Alarm System Full Addressable
  • Fire Alarm System Conventional

 

FIRE ALARM SYSTEM FULL ADDRESSABLE

Pada sistem ini dilakukan pengelompokan / zoning pada detektor & alat penerima masukan berdasarkan area pengawasan (supervisory area). Masing-masing zona ini dikendalikan ( baik input maupun output ) oleh zone controller yang mempunyai alamat / address yang spesifik. Pada saat detektor atau alat penerima masukan lainnya memberikan sinyal, maka MCFA akan meresponnya (I/O) berdasarkan zone controller
Dalam konstruksinya tiap zona dapat terdiri dari :
a. satu lantai dalam sebuah bangunan / gedung.
b. beberapa ruangan yang berdekatan pada satu lantai di sebuah bangunan / gedung.
c. beberapa ruangan yang mempunyai karakteristik tai di sebuah bangunan / gedung.
Pada display MCFA akan terbaca alamat zona yang terjadi gejala kebakaran, sehingga dengan demikian tindakan yang harus diambil dapat dilokalisir hanya pada zona tersebut.

Pada sistem Full Addressable ini semua detector dan alat pemberi masukan mempunyai alamat yang spesifik, dengan menggunakan sistem Full Addressable ini untuk mengetahui titik api atau asap akan semangkin detail, sehingga proses pemadaman dan evakuasi dapat dilakukan langsung pada titik yang diperkirakan mengalami kebakaran.

Adapun untuk komponennya Terdiri dari :

1.Master Control Fire Alarm (MCFA). MCFA merupakan peralatan utama dari sistem protection. Adapun MCFA berfungsi sebagai menerima sinyal masuk (input signal) dari detector dan (output signal) dari komponen proteksi lainnya

2.Detector, detector adalah alat yang berfungsi sebagai alat penerima masukan (input signal) yang bekerja secara otomatis. Jenis detector ini terbagi menjadi 4 macam yaitu:

  • Detektor Panas (Heat Detector).
  • Detektor Asap (Smoke Detector).
  • Detektor Api (Flame Detector).
  • Detektor Gas (Gas Detector).

FIRE ALARM SYSTEM CONVENTIONAL

Pada sistem ini MCFA menerima sinyal masukan langsung dari semua detektor (biasanya jumlahnya sangat terbatas) tanpa pengalamatan dan langsung memerintahkan komponen keluaran untuk merespon masukan tersebut. Sistem ini umumnya digunakan pada bangunan / area supervisi berskala kecil, seperti perumahan, pertokoan atau pada ruangan-ruangan tertentu pada suatu bangunan yang diamankan.