Cara mengetahui penggunaan produk Alat Pemadam Api (APAR) memiliki beberapa langkah-langkah dan tahapan yang pastinya sangat sederhana mudah untuk dapat dioperasikan. Uji Coba Cara Penggunaan Alat Pemadam Api Kebakaran (APAR) harus diketahui secara dini para pengguna/petugas nantinya dan tepat untuk mengetahui kualitas produk alat pemadam api yang sudah dibeli dan yang produk APAR yang akan dibeli.

Mudah untuk mengingat bagaimana cara menggunakan Alat Pemadam Api (APAR) jika ingat singkatan PASS dalam bahasa Inggris yang merupakan kependekan dari  Pull (Tarik), Aim (Arahkan/Bidik), Squeeze (Tekan), Sweep (Sapu).

Sebelumnya perhatikan terlebih dahulu arah angin. Lakukan pemadaman dari arah datangnya angin.

Adapun cara penggunaan dapat dilihat pada petunjuk dibawah ini:

1. Tarik Kunci Pengaman/Pin.
memungkinkan anda untuk menyemprotkan APAR.

Tarik Kunci Pin

2. Arahkan ke dasar Api.
Jika anda arahkan ke nyala/lidah  api (yang seringkali menggiurkan), media pemadaman akan terbang dan tidak dapat memadamkan api. Anda harus mengenai bahan bakar.

Arahkan ke dasar Api

3. Tekan pegangan bagian atas.
Ini akan melepaskan tombol yang mengeluarkan media pemadaman bertekanan dalam silinder.

Tekan pegangan bagian atas

4. Sapu/Semprot dari sisi ke sisi
Sampai kebakaran benar-benar padam. Mulai menggunakan APAR dari jarak jauh yang aman, lalu maju kedepan. Begitu kebakaran padam, tetap perhatikan sumber kebakaran mungkin api menyala kembali.

Sapu/Semprot dari sisi ke sisi





Uji Coba Alat Pemadam Api (APAR)

Uji coba Alat Pemadam Api (APAR) dengan bahan kayu/karet ban

Langkah awal adalah siapkan kayu atau karet ban yang sudah diletakkan dalam drum ditambah dengan bahan bakar cair/bensin sebagai media untuk proses pembakaran. Kemudian siramkan bahan bakar cair/bensin, selanjutnya dibakar dengan korek api. setelah terbakar bahan terbakar lalu selanjutnya proses pemadaman dengan media Alat Pemadam Api (APAR) untuk memadamkan api tersebut.

Jika kita perhatikan dengan cermat, bahwa alat pemadam api (APAR) yang akan kita gunakan adalah berfungsi untuk memadamkan api disaat terjadinya kebakaran, namun perlu kita ketahui bahwa untuk membakar kayu biasanya menggunakan bensin sebagai penyulut, saat bensin disiram/dibakar dan seketika itu juga api dipadamkan, sebenarnya yang dipadamkan adalah bensin sebagai penyulut api yang baru menyala, sedangkan kondisi kayu sebenarnya belum terbakar.

Dan perlu kita ketahui juga pada saat pemadaman api kebakaran, kita mengikuti dan memastikan arah angin sebelum disemprotkan api untuk memdamkan dengan menggunakan alat pemadam api (APAR).

Jadi langkah yang baik adalah jika menggunakan kayu sebagai bahan yang dibakar, maka sebaiknya biarkan beberapa saat agar kayu terbakar. Semakin lama kayu itu terbakar maka akan semakin baguslah untuk mengetahui uji kualitas produk Alat Pemadam Api (APAR).

Uji coba Alat Pemadam Api (APAR) dengan bahan kayu/karet ban

Uji coba Alat Pemadam Api (APAR) dengan bahan cair campuran

Cara Penggunaan alat pemadam kapi (APAR) dengan menggunakan bahan bensin pada prinsipnya sama. Letakkan bensin ke dalam drum/bak penampungan. lalu campurkan dengan air dengan komposisi 1 banding 3 (1 untuk bensin 3 untuk air), air hanya berfungsi agar tidak boros beli bensin, fungsi air hanya untuk mengangkat bensin kepermukaan. Setelah seluruhnya sudah siap, kemudian dibakar, lalu diamkan beberapa saat agar panas meningkat. Selanjutnya kita semprotkan ke bahan terbakar tersebut, untuk menguji produk alat pemadam api (APAR) kebakaran yang akan kita beli.

Demikianlah langkah sederhana untuk memadamkan api kebakaran dengan menggunakan alat pemadam api (APAR) dengan cara yang sederhana dan sangat mudah. Sekaligus melakukan Uji Coba produk Alat Pemadam Api (APAR) yang akan kita beli atau yang sudah kita miliki yang harus diketahui secara dini para pengguna/petugas nantinya dan tepat saat terjadinya kebakaran,

Konsultasikan kepada kami kebutuhan alat pemadam api (APAR) Anda.
Order wa. 0813 7008 8919

Uji coba Alat Pemadam Api (APAR) dengan bahan cair campuran

ami INDOSAFE adalah Distributor Tabung Pemadam Api/APAR Fire Extinguisher yang memberikan solusi bagi perusahaan/asset Anda untuk melindungi dari bahaya kebakaran.

Perusahaan kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan dan kualitas produk  Tabung Pemadam Api/APAR yang berkualitas baik agar bisa menjadi Distributor Tabung Pemadam Api/APAR terbaik dan Pelayanan yang baik untuk bisa menjadi best partner bisnis Anda. 

Sebagai penyedia/ Distributor Tabung Pemadam Api/APAR yang berpengalaman di bidang fire safety provider alat pemadam kebakaran, kami mendedikasikan diri & berkomitmen dalam melayani sebagai penyedia dalam bidang peralatan pemadam kebakaran dan safety equipment bagi perusahaan Anda.

BACA JUGA

INDOSAFE Distributor Resmi Fire Alarm DEMCO D-213

Distributor Tabung Pemadam Api/APAR
Distributor Tabung Pemadam Api | APAR Jakarta

Sertifikat Distributor Tabung Pemadam Api/APAR

Kami INDOSAFE telah memiliki sertifikat Merk Dagang sendiri yang telah dikeluarkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual
Nomor Merk : IDM000587636
dikeluarkan pada tanggal 19 Juni 2017.

INDOSAFE

Bahan Isi Tabung Alat Pemadam Api / APAR

1. JENIS BUBUK KIMIA KERING (DRY CHEMICAL POWDER)

Zat kimia yang digunakan adalah mono ammonium phosphate. Zat ini bersifat korosif dalam keadaan lembab dan tidak bisa bersifat konduktif. Jenis Tabung Alat Pemadam Api Ringan (APAR) ini biasanya digunakan pada kawasan apartemen, gedung perkantoran, sekolahan, rumah sakit, dan perumahan.

2. JENIS CO2 (CARBON DIOKSIDA) 

Zat Kimia jenis CO2 ini sangat ramah lingkungan dan tidak meninggalkan residu (bekas kotoran sisa kebakaran). adapun cara kerja CO2 ini adalah dengan menghilangkan oksigen sehingga berhenti membakar, namun memiliki batasan tertentu.

Jenis Tabung Alat Pemadam Api Ringan (APAR) ini biasanya digunakan pada kawasan, tempat atau perangkat pada area yang sensitif dengan kontaminasi seperti ruang laboraturium, ruang komputer, tempat penyimpanan makanan, alat kelistrikan, komputer, mesin dan lainnya.

3. JENIS BUSA / FOAM (AFFF)

Zat Kimia jenis Busa adalah berbahan kimia yang membentuk busa yang biasa disebut dengan singkatan AFFF (Aqueous Film Forming Foam) yang berfungsi menutupi bagian terbakar oleh api, sehingga pada proses pembakaran oksigen tidak dapat masuk. Zat Kimia jenis Busa ini efektif untuk memadamkan api pada benda padat dan benda non logam yang di sebabkan oleh benda cair yang mudah terbakar.

Jenis Tabung Pemadam Api/APAR ini biasanya digunakan pada kawasan, tempat atau perangkat pada area Gudang Plastik, Kayu, Kertas, Tekstil, Minyak, Bensin, Solar, Oli, area dapur restoran. 

4. JENIS PENGGANTI HALON (LIQUID GAS NON CFC)

Zat Kimia jenis Liquid Gas non CFC adalah pengganti halon yang merupakan jenis Tabung Pemadam Api/APAR yang ramah lingkungan. Zat Kimia jenis ini berbentuk Gas Cair yang tidak menghantarkan listrik, dan merupakan zat cair yang menguap, tidak merusak ozon dan tidak meninggalkan residu (bekas). 

Distributor Tabung Pemadam Api


Tabung Pemadam Api/APAR ini sangat efektif digunakan untuk kebakaran pada area ruang listrik, ruang laboratorium, ruang komputer, ruang server, ruang panel dan ruangan mobil.

Kami INDOSAFE sebagai Distributor Tabung Pemadam Api/APAR berikan penawaran harga kompetitif bagi Anda yang berminat.

Silahkan hubungi kami INDOSAFE

WA. 081370088919
www.indosafe.co.id
Open chat
1
apakah anda butuh bantuan ?
Hi, ada yang bisa kami bantu?